Subscribe RSS
BANYUWANGI SUNRISE OF JAVA Sep 17

       Nah disini saya akan membahas tentang Banyuwangi, karena Banyuwangi kota kelahiran saya. Banyuwangi sendiri luas daerahnya 5,782 km² dan jumlah penduduk sekitar 1,6 juta jiwa. Terletak di ujung timur Pulau Jawa Timur.

Ayo kita menjelajah dari keunikan wisata alamnya.

  1. Pulau Merah

Pulau Merah atau Pulo Merah adalah sebuah objek wisata yang ada di desa Sumberagung, kec Pesanggaran, Banyuwangi. Mengapa dinamakan Pulau merah? Karena didekat bibir pantai terdapat bukit / pulau kecil yang berwarna hijau dan pada siang hari air laut terlihat merah. Bukit ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. Juga ada  Pura  Segara Tawangalun yang merupakan warga hindu untuk upacara, biasanya upacara Melasti

  1. Api biru

Kebakaran hanya ada di Indonesia, di mana Anda bisa melihat Blue Fire ini, harus datang pukul 02.00-04.00 pagi, karena waktu itu apinya kelihatan dengan jelas.

  1. Kawah Ijen

Selain memiliki Blue Fire, Gunung Ijen di Banyuwangi termasuk gunung yang masih aktif dan memiliki kawah yang sangat indah, ada Anda juga dapat melihat aktivitas para penambang yang sedang mengumpulkan bongkahan belerang dan setiap kali, satu penambang mampu bolak balik ke daerah tambang hingga 3 kali .

Masih banyak loh wisata-wisata yang ada di Banyuwangi. Contohnya Pantai Plengkung, Taman Nasional Baluran, Air Terjun Tirto Penganten, Teluk Hijau dan masih banyak lagi.

Maka kita lakukan keragam kulinernya

  1. Sego Tempong

Maksud dari sego tempong itu sendiri sego adalah nasi, tempong adalah tampar. Jadi sego tempong adalah nasi dengan lauk  tahu, tempe, ikan asin, sayu-sayuran, dan sambal yang pedas banget yang serasa kayak di tampar gitu deh. Cocok itu buat kalian yang suka makan pedas sekali coba bikin ketagihan deh.

  1. Pecel Pitik

Pecel pitik adalah makanan khas banyuwangi. Yang gurih, segar biasa ada disaat selamatan. Dan juga menu buka puasa seperti ini. Nama pecel pitik sendri tidak bisa digantikan dengan nama pecel ayam / nama yg lain. Karna dibalik nama pecel pitik ada filosifinya. Pecel pitik ini di buat dari ayam kampung kena dipercaya lebih gurih. Bumbunya juga tidak  seperti pecel sayur ataupun pecel lele.Tapi bumbu pecelnya terbuat dari kelapa yang agak muda dan rempah-rempah. Pokok nikmat deh.

  1. Rujak Soto

Rujak Soto merupakan masakan paduan unik antara rujak sayur dengan soto, bisa soto daging (daging sapi) atau soto babat. Bahkan ada yang memadukan dengan soto ayam atau soto ceker (kaki ayam), ini biasa dilakukan sebagai alternatif ketika ingin menikmati rujak soto tetapi harga daging sedang melambung.Biasanya rujak disajikan terlebih dahulu, kemudian disiram dengan kuah soto berikut dagingnya. Rasanya juga khas, ada unsur soto sekaligus rasa rujak dengan aroma terasinya.

Selain kuliner diatas masih banyak kuliner khas banyuwangi seperti Pecel Rawon, Sego Cawuk, dll.

​Terakhir keunikan budaya yang ada di Banyuwangi.

​Banyuwangi ini punya satu suku yang terkenal loh, namanya Suku Osing. Suku Osing di Banyuwangi masih kental dengan adat istiadatnya. Contohnya Tari Seblang. Tari Seblang dilakukan oleh wanita yang berusia lanjut dengan keadaan kesurupan. Tradisi ini dilakukan satu minggu setelah hari raya Idhul Adha. Ujub acara ini untuk memohon keselamatan supaya warga desa terhindar dari marabahaya dan hasil bumi melimpah. Ritual dimulai selepas maghrib dengan mematikan lampu dan sholat bersama di masjid desa. Kemudian masyarakat parade sambil membawa obor berkeliling desa (ider bumi) sambil bersholawat dilanjutkan makan bersama di sepanjang jalan desa menuju Balai Desa Bakungan.

Ada juga Tari Gandrung yang sudah terkenal hingga manca negara, Tari Jaran Goyang, dan masih banyak lagi.

Nah, itu tadi seputar ragam keunikan yang ada di Banyuwangi. Kawan, Jika kamu berkunjung ke Banyuwangi, jangan pernah mencoba salah satu kulinernya atau berwisata di alamnya. Dan tonton juga berbagai macam tradisi disana. Dijamin nggak akan nyesel kok!

 

 

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply » Log in